Minggu, 08 April 2012

VISITE INDONESIA-KALIMANTAN TIMUR " KEPULAUAN DERAWAN-BERAU "


Derawan Nirwana Pencinta Samudra

Bila selama ini anda memimpikan bersembuyi di sebuah pulau terpencil yang dibatasi jutaan butir pasirnya yang putih, jauh dari riuhnya suasana kota, menikmati sejuknya angin dan lambaian nyiur, maka anda...
Bila selama ini anda memimpikan bersembuyi di sebuah pulau terpencil yang dibatasi jutaan butir pasirnya yang putih, jauh dari riuhnya suasana kota, menikmati sejuknya angin dan lambaian nyiur, maka anda wajib memasukan tempat ini dalam daftar tujuan liburan anda. Apalagi bila anda termasuk penggemar aktivitas diving. Anda akan merasa beruntung selama hidup bila bisa singgah di kepulauan nan cantik ini.
Selama ini Kalimantan lebih dikenal dengan hutan, budaya Dayak, Orangutan atau satwa lain yang unik. Padahal, pulau ini masih memiliki harta lain yang tak kalah bernilai. Di lepas pantai di timur pulau raksasa ini terdapat kawasan perairan yang kaya akan potensi wisata bahari, yang terkenal dengan nama Kepulauan Derawan.
Kepulauan Derawan adalah sebuah kawasan kepulauan yang secara administratif, termasuk ke dalam Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di sini terdapat puluhan pulau yang tersebar di tengah samudra, yang salah satu pulaunya termasuk dalam kategori pulau terluar di Nusantara, yang berbatasan dengan wilayah Sabah, Malaysia.
Dari sekitar 31 pulau serta atol di kawasan Derawan, Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki dan Kakaban merupakan 4 pulau utama. Pulau-pulau tersebut boleh jadi kurang terdengar di Tanah Air. Akan tetapi popularitas mereka sesungguhnya telah mendunia.
Bagi kalangan awam, Kepulauan Derawan mungkin dianggap sama dengan daerah serupa yang lain. Tapi, tidak demikian halnya dengan kalangan pemburu keindahan atau penyelam. Bagi mereka, kawasan ini telah dianggap sebagai surga karena menyimpan kekayaan dan kecantikan alam yang sulit ditemukan di tempat lain, di bumi ini.
Alam Derawan sangat tepat bagi para pengagum lautan dan segala yang terkandung di dalamnya. Letak pulau-pulaunya yang menyendiri, menghadirkan privasi. Pantai-pantainya yang terbentang menyuguhkan panorama alam yang memukau setiap mata yang memandangnya.
Ikon Wisata Bahari
Pulau Derawan adalah pulau yang menjadi inspirasi akan lahirnya nama bagi wilayah cantik ini dan membuatnya termasyur ke mancanegara. Pulau yang berada paling dekat dengan daratan utamanya – Pulau Kalimantan – telah muncul sebagai icon wisata bahari bagi Kalimantan.
Pulau Derawan menawarkan sejumlah daya tarik bagi para wisatawan maupun para penyelam. Bagi kalangan non-diver, anda dapat menikmati suasana pulau hening dan yang menyuguhkan panorama alam yang memikat ini lewat bentangan pantainya yang berpasir putih. Sejak berabad silam, pulau ini juga telah menjadi rumah nyaman bagi kaum “gipsi” laut atau yang dikenal dengan sebutan suku Bajau.
Dengan ukurannya yang tidak terlalu luas, hanya 44,6 hektar, Pulau Derawan bisa dikelilingi hanya dalam waktu satu jam saja. Selama berkeliling, anda dapat berjumpa dengan penduduk setempat.
Hampir seluruh warga yang tinggal di Pulau Derawan menggantungkan hidupnya dari kekayaan laut. Namun, seiring dengan berkembangnya pulau ini sebagai tujuan wisata, sebagian warga mulai memiliki sumber pendapatan lain, yakni dengan membuka toko, mengelola penginapan atau membuat suvenir dari beragam jenis kerang yang bisa dibawa pulang oleh para pelancong.
Sedangkan bagi kalangan diver, kondisi alam bawah laut di sekitar Pulau Derawan menawarkan panorama alam tersendiri. Kecantikan alamnya tersebar di belasan dive site, seperti Pelatakan run, shark cavesea garden, dan situs penyelaman lainnya. Menurut catatan Dr. Carden Wallace, peneliti dari Museum of Tropical Queensland, di kawasan ini terdapat lebih dari 50 spesies acropora hard coral di satu area terumbu karang.
Selain menjadi habitat penyu yang tergolong satwa dilindungi, di perairan Pulau Derawan juga terdapat gua bawah laut yang menatang dan aneka jenis ikan. Sebut saja ikan hiu, barracuda, napoleon, cuttle fishspanish mackereljacksfishesbatfishes dan jenis lainya.
Tak perlu khawatir bila ingin berlama-lama tinggal di Pulau Derawan karena, di pulau ini telah terdapat fasilitas akomodasi, mulai dari kelas resor hingga home stay dengan harga yang lebih terjangkau.

Pesona Maratua
Pulau Maratua yang terletak di timur Pulau Derawan, adalah pulau lain yang juga banyak disinggahi para pelancong maupun penyelam yang ingin menikmati panorama Laut Sulawesi. Letak pulau ini paling jauh di antara pulau lain dari Berau. Di pulau seluas 2.375,7 hektar ini terdapat pemukiman yang tersebar di empat desa.
Untuk mencapai Pulau Marataua, anda dapat memulai perjalanan dari Berau, dengan menggunakan speed boat, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Opsi lain yang lebih praktis, anda juga dapat meminta jasa penjemputan dari pengelola resort di pulau ini.
Waktu tempuh ini mungkin tergolong lama bagi yang belum terbiasa. Bayangan akan mabuk laut dan perjalanan menjenuhkan bisa jadi akan muncul dalam benak.
Akan tetapi, anda tak perlu khawatir karena suasana perjalanannya akan terasa menyenangkan. Pemandangan berupa lautan yang jernih dan dihiasi beragam ikan yang berenang dengan bebasnya akan menjadi pengusir penat di perjalanan.
Daya tarik utama di Pulau Maratua adalah sejumlah dive site yang telah menunggu untuk diselami. Tercatat, ada sekitar 6 situs penyelaman di sekeliling pulau beserta daya tariknya masing-masing. Big Fish Country, Shark City, Seawall Garden, Dolphin Parade, Lobster CafĂ©, Eagle Ray Run, adalah sejumlah taman bermain atau dive site yang sudah populer dan kerap diselami para diver ketika di pulau ini.
Saat menjelajahi dunia bawah airnya, jangan heran bila anda akan disapa oleh ratusan barracuda berukuran 1 meter lebih, gray sharks, tuna bertaring besar, manta (pari) berukuran besar yang hidup di belantara terumbu karang yang berwarna-warni.
Wisatawan juga dapat mengisi hari liburan mereka dengan menikmati suasana pantai tropis dan lagun cantik yang beralaskan pasir putih, atau mengenal masyarakat Maratua dengan meluangkan waktu dengan berkunjung ke desa-desa di pulau ini.

Kawasan Warisan Dunia
Pesona Berau tak hanya terbatas pada Pulau Derawan dan Maratua. Di kawasan ini masih ada Pulau Sangalaki yang menjadi pusat konservasi penyu dan dijuluki dengan “The World Capital of Mantas” (ibukotanya ikan pari di dunia). Inilah spot terbaik untuk  menyaksikan puluhan ikan pari yang berenang bebas dan melayang anggun di depan mata.
Daya tarik lain juga terdapat di Pulau Kakaban. Di pulau yang berbentuk seperti angka ‘9’ ini terdapat sebuah laguna yang dihuni oleh 4 spesies jelly fish (ubur-ubur) yang unik yang telah beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya sejak berabad silam. Berkat keunikan alam dan lingkungannya itulah, danau di pulau yang luasnya 774 hektar ini pun menerima anugerah “World Natural Heritage Area” (kawasan warisan dunia) dari UNESCO pada tahun 2004.
Beberapa ratus meter di lepas pantai pulau Maratua terdapat sebuah pulau mungil, yakni Nabucco. Di sini juga terdapat sebuah dive resort yang sering menjadi pilihan para diver yang ingin berpetualangan di perairan Maratua.

*****

Menuju Pulau Derawan
Kepulauan Derawan bisa dicapai dari Berau, Tanjung Redeb atau Tanjung Batu. Dari Berau, anda dapat langsung menuju Pulau Derawan (1,5 jam) atau Maratua dengan speedboat. Sedangkan bila dari Tanjung Batu, anda harus menempuh perjalanan darat terlebih dulu (2,5 jam), dan melanjutkannya dengan speedboat ke pulau yang ingin dituju.
Snorkeling di dermaga Derawan Cottages Snorkeling di dermaga Derawan Cottages Snorkeling di dermaga Derawan Cottages
Derawan cafe & Cottages Derawan cafe & Cottages
Derawan cafe & Cottages Derawan cafe & Cottages
Snorkeling di dermaga Derawan Cottages Snorkeling di dermaga Derawan Cottages
Snorkeling di dermaga Derawan Cottages Snorkeling di dermaga Derawan Cottages
Dermaga Derawan Cottages Dermaga Derawan CottagesDermaga Derawan Cottages
Penginapan di Derawan Pantai Putih Derawan Pantai Putih Derawan
Penyu di Pulau Derawan Penyu di Pulau Derawan
Penyu di Pulau Derawan Penyu di Pulau Derawan
Semua yang dimiliki oleh Kepulauan Derawan adalah harta Nusantara yang tak ternilai dan harus disyukuri serta selalu dijaga kelestariannya. Karenanya, bagi para traveler atau para penyelam di Tanah Air, akan lebih bijak tentunya, bila berkesempatan untuk singgah di salah satu kawasan cantik milik bumi pertiwi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar